Kamis, 27 Februari 2014

Kumpulan Bacaan Bermanfaat

*Doa sebelum tidur
Dari Al Barra' bin Azib ra., ia berkata, "Rasulullah saw bersabda kpdku, Apabila kamu hendak tidur maka berwudhulah terlebih dahulu seperti wudhumu untuk shalat, kemudian berbaringlah pd pinggangmu yg kanan dan bacalah,... 
//CIF
*Taushiyah Center:
Dari Hudzaifah ra., ia berkata, "Apabila Nabi saw hendak tidur pada waktu malam, maka beliau meletakkan tangannya di bawah pipinya, kemudian berdoa, ALLAHUMMA BISMIKA AMUT WA AHYA. ..." (HR Bukhari)
Sebuah hadist riwayat Bukhari lainnya juga menganjurkan mbaca sayyidul istighfar sebelum tidur (Allahumma anta rabbii... dst, bisa dilihat juga dlm al ma'tsurat).
*Adab-adab Tidur
1) Ketika tidur hendaknya MENJAGA AURAT walaupun di kamar sendiri (HR Tirmidzi, Nasa'i). 
2) Bagi wanita dianjurkan selalu MEMAKAI SELIMUT ketika tidur. Namun perlu diperhatikan TIDAK BOLEH TIDUR DLM 1 SELIMUT, kecuali suami istri, bahkan sesama lelaki maupun sesama wanita pun tidak boleh tidur dlm 1 selimut (HR Muslim). 
3) Selain itu DILARANG TIDUR HANYA BERSELIMUT TANPA BERPAKAIAN apapun (HR Muslim)
//CIF
*Syi'ar Rajab
Amalan2 yg sering dilakukan di bulan Rajab dan hukumnya:
1) Puasa di bulan Rajab :
Keutamaan berpuasa di bulan rajab TIDAKLAH bersumber
dari Rasulullah SAW ataupun dari sahabat2nya.
Syari'at berpuasa di bln Rajab sama saja dgn bulan2 yg lain seperti:
- puasa senin-kamis,
- puasa 3 hari ayyamul bidh 
- dan puasa Dawud. 
Sdgkan Umar ra. MELARANG UNTUK MENGKHUSUSKAN bpuasa di bulan rajab karena hal itu menyerupai perbuatan org jahiliyah.
*Abu Hurairah ra. berkata,
"Rasulullah saw bsabda, siapa yg mbaca AYAT KURSI dan PERMULAAN SURAT AL MU'MIN (ayat 1-3), dia akan dijaga dr segala kejahatan pd hari itu." (HR Tirmidzi)
[Hadits ini & hadits sbelumnya bisa juga dilihat dlm Al Ma'tsurat Kubra yg disusun oleh Imam Hasan Al Banna.]
//CIF
*Dilarang menceritakan mimpi buruk kpd orang lain. Apabila sampai terbangun karena mimpi buruk hendaklah membaca doa: a'udzubillahi minasysyaithanir rajim, kemudian meludah isyarat ke kiri 3x (HR Bukhari). 
//CIF
*Doa Ketika Bangun Tidur
Dari Hudzaifah ra., ia berkata, "...Dan apabila bangun, beliau berdoa, ALHAMDULILLAHIL LADZI AHYANA BA'DAMA AMATANA WAILAIHIN NUSYUR." (HR Bukhari). 
Kemudian menggosokkan punggung tangan ke muka agar segera hilang rasa kantuknya.
//CIF
*[Seputar Makan dan Minum Beserta Adab2nya]
Makanan yg diperoleh haruslah makanan yg halal. 
Allah SWT berfirman: "Wahai orang2 yg beriman, makanlah di antara rizki yg baik-baik yg Kami berikan kepadamu". (Al-Baqarah: 172). 
Yang baik disini artinya adalah yg halal.
*//CIF
Hendaknya MENCUCI TANGAN sebelum dan sesudah makan untuk menghilangkan kotoran yg ada di tangan.
"Ssgghnya Allah mencintai orang2 yg btaubat n org2 yg mensucikan diri." 
(al Baqarah: 222)
*//CIF
[Tidak makan dan minum dengan menggunakan bejana terbuat dari emas dan perak]
Nabi Saw telah bersabda: "... dan janganlah kamu minum dgn menggunakan bejana terbuat dari emas dan perak, dan jangan pula kamu makan dgn piring yg terbuat darinya, karena keduanya untuk mereka (orang kafir) di dunia dan untuk kita di akhirat kelak." (Muttafaq'alaih).
*//CIF
Jangan minum langsung dari bibir bejana, berdasarkan hadits Ibnu Abbas beliau berkata, "Nabi Saw melarang minum dari bibir bejana wadah air." (HR. Al Bukhari)
*[Hendaknya makan dgn tangan kanan dan dimulai dari yg ada di depanmu]
Rasulllah Saw bsabda kpd Umar bin Salamah: "Wahai anak, sebutlah nama Allah! dan makanlah dgn tangan kananmu dan makanlah apa yg di depanmu." (Muttafaq'alaih)
*//CIF
[Disunnatkan mengambil makanan yg terjatuh dan membuang bagian yg kotor darinya lalu memakannya]
Rasulullah Saw bersabda: "Apabila suapan makan seorang kamu jatuh hendaklah ia mengambilnya dan membuang bagian yg kotor, lalu makanlah ia dan jgn membiarkannya untuk syetan." (HR. Muslim)
*Berniat untuk bangun shalat tahajjud
Nabi saw, bersabda:
"Brgspa yg naik ke atas ranjangnya (untuk tidur) sedang ia telah berniat untuk bangun melakukan shalat di malam hari, namun ia tertidur hingga waktu shubuh, maka ditulis baginya pahala apa yg ia niatkan, dan tidurnya itu adalah sedekah dari Rabbnya." (HR. Nasa'i, Ibnu Majah dan Hakim)
*//CIF
Dalam sebuah hadist yg diriwayatkan Abu Dawud dan dihasankan oleh Al Albani dinukilkan apabila di saat tidur merasa KAGET, GELISAH, atau KETAKUTAN maka disunnahkan berdoa dgn doa: 
"A'uudzu bikalimaatillaahit taammatim min ghadhabihi wa syarri 'ibaadihi, wa min hamazaatisy syayaathiini wa an yahdhuruuna."
(Aku berlindung dgn kalimat Allah yg sempurna dari murka-Nya, kejahatan hamba2-Nya, dari gangguan setan dan kehadiran mereka kpdku.)
*//CIF
Shabat yg dirahmati Allah.. Alhamdulillah, di malam ini, telah sampailah kita pd awal bulan Rajab yg penuh berkah, tak lama berselang akan tiba bulan Ramadhan.
Diriwayatkan bahwa apabila Rasulullah saw. memasuki bulan Rajab beliau berdo'a:
-ALLAHUMMA BARIKLANA FI RAJABA WA SYA'BAN WA BALIGHNA RAMADHAN-
"Ya, Allah berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya'ban, dan sampaikanlah kami pada bulan Ramadhan." (HR. Ahmad, dari Anas bin Malik). Allahumma amin..
*Dalam Kitab: Syarh Nawawi 'ala Shahih Muslim.
Imam Nawawi menyatakan "Memang benar tidak satupun ditemukan hadits shahih mengenai puasa Rajab, namun telah jelas dan shahih riwayat bahwa Rasul saw menyukai puasa dan mpbanyak ibadah di bulan haram, dan Rajab adalah salah satu dari bulan haram. Maka selama tak ada pelarangan khusus puasa dan ibadah di bulan Rajab, maka tak ada satu kekuatan untuk melarang puasa Rajab dan ibadah lainnya di bulan Rajab."
*Setelah bangun disunnahkan mencuci tangan 3x. Jangan menyentuh makanan dan minuman apapun sblm mencuci tangan. 
Disunnahkan segera bersiwak (gosok gigi), mengambil air wudhu, serta memasukkan air ke hidung, karena syetan banyak yg bersembunyi di lubang hidung ketika tidur (HR Bukhari).
//CIF
*Sebaliknya, disunnahkan menceritakan mimpi baik kepada orang yg dipercaya. Dan disunnahkan membaca, "ALHAMDULILLAH." (HR Bukhari)
//CIF
Terakhir...
[Disunnahkan menanyakan kabar di pagi hari ketika bertemu] 
Ishaq bin Abdullah bin Thalhah menceritakan ketika Rasulullah Saw. bertemu dgn sahabatnya, dia bersabda, "Bagaimana kabarmu di pagi ini?". Sahabat itu menjawab, "Aku baik2 saja, karena itu aku memuji Allah." 
Rasulullah saw pun bersabda kepadanya, "Semoga Allah menjadikanmu baik2 saja jika kamu mau bersyukur."
//CIF

0 komentar:

Posting Komentar